page level ads 13 Manfaat Telur Asin dan Cara Membuatnya | .

13 Manfaat Telur Asin dan Cara Membuatnya



cheapest car insurance, cheap auto insurance, cheap auto insurance, CREDIT CARD, TIRTO.ID, CHEAP CAR INSURANCE, CAR INSURANCE, HAIR beautiful, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS, kartu kredit mega, kartu kredit CIMB,
Sudah tau tentang apa manfaat telur asin? Lalu, bagaimana cara membuat telur asin ini? simak artikelnya disini. Telur asin merupakan salah satu telur yang sangat favorit di kalangan kita khususnya bagi pecinta kuliner Indonesia. Telur asin di olah dengan di awetkan dengan menggunakan garam, sedangkan garam sendiri berfungsi untuk menghilangkan enzim perombak, sehingga telur asin menjadi lebih tahan lama dan awet. Tak heran jika telur asin ini jika kita simpan dalam kulkas selama satu minggu masih bisa kita konsumsi dengan kesegarannya.


Di jawa sendiri khususnya kabupaten brebes merupakan salah satu daerah yang banyak memproduks telu asin dari ititk atau bebek. Telur asin yang memeiliki warna kehijauan ini di pengaruhi karena proses fermentas dan di produks dari telur itik atau bebek. Anda bisa membelinya di warung atau toko terdeka dengan harga yang cukup terjangkau, selain itu anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Lalu bagai mana cara membua atau mengolahnya sendiri di rumah, berikut kami rangkum sedikit penjelasan tentang cara mengola telur asin.

Telur itik atau bebek yang memiliki rasa asin ini ternyata menyimpan banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan khususnya Ibu hamil. Selain itu, telur asin memiliki khasiat untuk menambah energi kepadatan pada gigi dan tulang. Nah, berikut akan saya ringkas beberapa manfaat dari telur asin untuk kesehatan:

Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh
Mengandung kaya akan Antioksidan
Kandungan utama yang terdapat dalam telur asin ini yaitu Antioksidan yang merupakan kandungan yang sangat penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit yang menyerang pada tubuh seperti kanker dan penyakit yang berbahaya lainnya.

Kandungan tinggi akan protein
Telur asin mengandung protein yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam satu butir telur asin terdapat 9 gr protein, dan tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih, protein ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh serta membentuk otot, sehingga tubuh menjadi lebih baik dan sehat.

Bermanfaat untuk membantu dalam pertumbuhan sel baru
Manfaat protein bagi tubuh jug dapa membantu dalam meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan membentuk sel baru dalam tubuh. Sehingga jika kita mengonsumsi teur asin, dapat membantu dalam meregeneras sel tubuh yang rusak dengan optimal dan ketahanan tubuh menjadi lebih baik.

Bermanfaat untuk meningatkan fungs sel darah merah
Manfaat teur asin bagi kesehatan tubuh yang lainna yaitu dapat meningkatkan fungsi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, telur asin juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendarahan serta dapat meningkakan kandungan sel darah merah di dalam tubuh.

Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Kandungan Vitamin E yang terkandung pada telur asin sangat baik untuk menjaga kesehatan kuli wajah dan tubuh. Sehinga dengan mengkonsumsi telur asin, kulit wajah maupun tubuh akan lebih halus, bersih, dan sehat. Selain itu, kandungan Vitamin E untuk kesehatan kulit yaitu dapa mencega masalah pada kulit seperti eksim, jamur, iritas, infeksi, ruam, dan masala kulit lainnya.

Bermanfaat bagi kesehatan tulang
Kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung pada telur asin bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta membantu dalam pertumbuhan tulang. Dalam hal ini tentunya, telur asin dapat mencegah osteoporosis dan mampu dalam pertumbuhan tulang anak, sehingga dapat tumbuh dengan optimal.

Bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas
Kandungan selenium yang terkandung ada telur asin sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas dan menjaga daya tahan tubuh. Sehingga tubuh kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat mudah menyerang kesehatan tubuh seperti batuk, flu, dan sebaganya.

Bermanfaat untuk mencegah gejala anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada telur asin bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekurangan darah atau gejala anemia. Gejala anemia ini dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, mudah sakit, lesu, tidak mood, dan terasa sakit di kepala. Dengan mengkonsumsi telur asin secara teratur dan rutin maka akan terhindar dari gejala sebagai berikut.

Bermanfaat untuk memberikan asupan energi yang cukup tinggi
Manfaat mengkonsumsi telur asin bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat memberikan energi bagi tubuh. Dalam hal ini terjadi karena telur asin memiliki kandungan protein dan lemak yang dapat menghasilkan kalori yang baik bagi kesehatan tubuh. Kalori sendiri merupakan salah satu bahan bakar yang sangat di butuhkan tubuh sehingga dapat bergerak dan melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata
Kandungan Vitamin A yang terkandung dalam telur asin bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dengan asupan Vitamin A yang optimal masuk ke dalam tubuh kita, maka akan terhindar dari berbagai macam kesehatan mata serta dapat menjaga kesehatan mata dengan baik.

Bermanfaat untuk Mejaga kesehatan otak
Kandungan Omega 3 yang terkandung dalam telur asin sangat baik bagi pekembangan otak kita. Seperti kita ketahui bahwa Omega 3 merupakan salah satu zat yang cukup baik untuk membantu dalam perkembangan otak, terlebih pada massa usia 3 tahun pertama kelahiran atau untuk ibu saat mengandung. Namun untuk ibu hamil sendiri, hindari untuk mengkonsumsi secara berlebihan karena akan menimbulkan gejala darah tinggi dan hipertensi.

Bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah
Kandungan mineral yang terdapat dalam telur asin ini yaitu sangat baik untuk membantu dalam memperlancar peredaran darah. Dengan demikian, maka suplai darah ke organ-organ dalam tubuh menjadi lebih lancar optimal dengan baik, sehinga akan terhindar dari pengumpulan pada pembuluh darah.

Bermanfaat sebagai teman makan atau cemilan
Telur asin ini bisa kita manfaatkan sebagai cemilan dan juga teman makan kita dengan nasi. Rasa yang gurih dan nikmat ini menjadikan makan kita lebih enak dan sehat.

Demikian artikel diatas tentang manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh kita. Lanjut tentang bagaimana proses pembuatan telor asin ini.


Cara Mengolah dan Membuat Telur Asin
  • Pertama siapkan terlebih dahulu telur itik atau bebek sebanyak 10 – 40 butir dengan kualitas yang bagus.
  • Kemudian siapkan juga bata merah atau abu gosok yang telah di hancurkan halus sebanyak dua liter.
  • Siapkan juga garam dapur sebanyak ½ Kg dan Air secukupnya.

Setelah menyapkan bahan-bahan sebagai bahan dasar kemudian ikuti langka-langkah sebaga berikut :
  1. Langka pertama, cuci telur itik atau bebek dengan air sampai bersih.
  2. Kemudian keringkan dan amplas bagian kulinya dengan tujuan agar pori-porinya terbuka.
  3. Setelah itu, siapkan bubuk bata atau abu gosok dan garam yang telah di campurkan sampai menjadi seperti pasta.
  4. Bungkus satu persatu telur tersebut dengan larutan seperti pasta tadi, kemudian simpan dalam wadah selama 15 sampai 20 hari.
  5. Setelah proses fermentasi selama 15 – 20 hari beres, telur asin dar itik atau bebek siap di hidangkan.


Nah, demikian cara membuat telur asin yang bisa kita lakukan untuk mengolah telur itik atau bebek menjadi telur asin. Jangan segan untuk makan telor asin untuk mendapatkan segala manfaatnya.